Anak Indonesia Ciptakan Robot Catur MIRA Penantang Grand Master

Anak Indonesia Ciptakan Robot Catur MIRA Penantang Grand Master
Anak Indonesia Ciptakan Robot Catur MIRA Penantang Grand Master
Indonesiajurnalis.com
JAKARTA – Cikini, Anak Indonesia Ciptakan Robot Catur MIRA Penantang Grand Master, dengan nama Machine Intelegence Robot Athelete.

 

Karya anak bangsa di bidang robotik kembali tercipta. Inovasi menghadirkan robot pintar bermain catur kali ini merupakan 100 persen produk asli karya cipta penggiat robotik dari SARI Teknologi. Robot yang diberi nama Machine Intelegence Robot Athelete atau Robot MIRA ini sudah resmi diperkenalkan ke berbagai anak-anak usia dini.

 

Robot Mira ciptaan anak-anak SARI Teknologi pimpinan DR Yohannes Kurnia dari Universitas Gunadharma, yang akrab disapa dengan sebutan kak Yo ini cukup memukau anak-anak Sekolah Dasar Negeri Gondangdia 3 dan 5 Jakarta.

Anak Indonesia Ciptakan Robot Catur MIRA Penantang Grand Master
Anak Indonesia Ciptakan Robot Catur MIRA Penantang Grand Master

Anak-anak SD yang senang bermain catur diberi kesempatan emas untuk menjajal kemampuan Robot Catur MIRA. “Wuih bahagia dan senang sekali bisa bermain, tidak hanya Robot Catur MIRA juga ada robot-robot menari yang lucu mengikuti irama gangnam style,” ujar Aisah dan disambut senyum manis Zahra, pelajar SDN Gondangdia yang dimintai tanggapannya usai bermain catur dengan Robot MIRA, (4/10/2022) di kawasan Cikini Jakarta Pusat.

 

Sebagian besar anak-anak di sekolah ini begitu antusias menikmati pertunjukan robot bermain catur dengan siswa dengan diselingi penampilan robot lainnya yang bisa berjoget. Anak-anak SD yang dipimpin Kak Faridah dan Kak Herry terlihat larut dalam kegembiraan bermain bersama Kak Yo dan tim robotiknya. Anak-anak juga diajarkan oleh tim robotik membuat robot praktis dan mudah.

 

Orang-orang yang menyaksikan kehebatan robot ini juga sempat dibuat takjub sejak sehari sebelumnya karena Robot Catur MIRA dengan kecerdasan buatan membuat tokoh anak nasional Kak Seto dan juga Guru Besar Universitas Gunadharma ikut memuji dan berkesempatan bermain dengan Robot Catur MIRA.

Anak Indonesia Ciptakan Robot Catur MIRA Penantang Grand Master
MIRAMachine Intelegence Robot Athelete sedang bermain catur dengan anak sekolah dasar.

“SARI Teknologi bersama tim robotik semua 100% merupakan buatan anak Indonesia sehingga, robot MIRA bisa kita banggakan. Ayo para penyuka catur bahkan para grandmaster yang ada di PERCASI ditantang MIRA,” ucap Kak Yo.

 

Sebelumnya hari Senin lalu di SDN Kenari 7 dan  8, Kak Seto sudah sempat menjajal kemampuan robot MIRA dan mengaku kagum dan takjub dengan inovasi robot. “Aku juga gemas dengan robot-robot yang bisa menari,” tutur Kak Seto.

 

“Anak-anak Indonesia tidak melulu harus belajar dan belajar tapi dalam bermain mereka bisa belajar. Saya suka mengapresiasi Kak Yo yang saat ini sudah menjadi pakar Robot yang bisa berinovasi bersama tim dan menggandeng Koalisi Anak Madani Indonesia (KAMI) untuk ke sekolah-sekolah,” ungkapnya.

Team Redaksi

IMG 20240612 150626

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

" Anda tidak dapat menyalin konten halaman ini "