Anggota Satgas Binmas Noken Papua Tingkatkan Kemampuan Berternak Babi

IMG 20220228 WA0035
Papua – Anggota Satgas Binmas Noken Ops Damai Cartenz meningkatkan kemampuan dalam bidang peternakan babi di BLK Dinas Propinsi Papua di Sentani. (01/03/22).

Adapun 17 (tujuh belas) Anggota Satgas Binmas Noken Ops Damai Cartenz yang melaksanakan pelatihan adalah,  Ipda Novita fonataba, Ipda febrianto, Ipda W Kurut, Ipda Anditya Sasongko, Bripka agung raka, Briptu Arya cendranda, Briptu susance, Briptu Nabila Tanaty, Briptu Fitri nababan, Briptu Sutowiaji, Briptu Imam, Bripda Edgard, Bripda Yudharmon, Bripda Teuku, Bripda Reksa dan Bripda Agung.

Anggota Satgas Binmas Noken Papua Tingkatkan Kemampuan Berternak Babi
Anggota Satgas Binmas Noken Ops damai Cartensz Papua Tingkatkan Kemampuan Berternak

Anggota Satgas Binmas Noken yang mengikuti pelatihan ini diharapkan dapat menerapkan dan mempraktikkan ilmu yang diperoleh dan meninggalkan kebiasaan lama dalam pemberian pakan kepada ternak babi yang dipelihara. Dengan demikian bobot ternak babi yang dipelihara lebih cepat meningkat sehingga hasil penjualan sesuai dengan harapan.

Sebelum memulai kegiatan, fasilitator menjelaskan apa saja manfaat dari pelatihan ini serta menyebutkan bahan-bahan apa saja yang akan digunakan selama pelatihan. Sebagian bahan-baku pembuatan pakan yang digunakan tergolong mudah didapatkan di lingkungan sekitar rumah.

Bahan baku yang digunakan selain dedak adalah: ubi kayu, bungkil kelapa, jagung giling, ampas tahu, ikan teri dan gula merah. Untuk membantu fermentasi pakan digunakan EM4 untuk ternak, ” jelas drh. Rafael Heri Nugroho, S.KH.

Hal ini sudah sesuai dengan implementasi dari tujuan Anggota Satgas Binmas Noken untuk meningkatkan perekonomian dengan menggunakan potensi lokal yang dimiliki.(red)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.