HUKUM  

Hak Angket Apa Sih Hak Angket ? yuk kita simak 

Hak Angket Apa sih Hak Angket ? yuk kita simak 
Hak Angket Apa sih Hak Angket ? yuk kita simak 
Hak Angket Apa Sih Hak Angket ? yuk kita simak ,Hak angket adalah hak DPR untuk melakukan penyelidikan terhadap pelaksanaan suatu undang-undang dan/atau kebijakan pemerintah yang berkaitan dengan hal penting dan strategis”
Hasil Pemilu 2024 menuai protes dari beberapa partai politik koalisi Paslon 01 dan 03 , pasalnya menurut tim kemenangan Paslon 01 dan 03 banyak kejanggalan – kejanggalan kecurangan di beberapa TPS di daerah  hingga suara Paslon 01 dan 03 merosot dan berdampak luas kekecewaan di masyarakat. Untuk itu tim kemenangan Paslon 01 dan 03 meminta hasil pemilu untuk segera di gelar hak angket di DPR.

Sebagai informasi Dewan Perwakilan Rakyat (“DPR”) mempunyai fungsi legislasi, fungsi anggaran, dan fungsi pengawasan. Untuk menjalankan fungsinya tersebut, DPR diberikan tiga hak menurut UUD 1945. Dalam hal ini, DPR memiliki hak interpelasi, hak angket, dan hak menyatakan pendapat yang diatur dalam UUD Pasal 20A ayat (2).

Tiga hak DPR tersebut juga termaktub di dalam Pasal 79 ayat (1) UU MD3.

Hak angket adalah hak DPR untuk melakukan penyelidikan terhadap pelaksanaan suatu undang-undang dan/atau kebijakan pemerintah yang berkaitan dengan hal penting, strategis, dan berdampak luas pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yang diduga bertentangan dengan peraturan perundang-undangan.

Adapun yang dimaksud dengan “pelaksanaan suatu undang-undang dan/atau kebijakan pemerintah” dapat berupa kebijakan yang dilaksanakan sendiri oleh presiden, wakil presiden, menteri negara, panglima TNI, Kapolri, Jaksa Agung, atau pimpinan lembaga pemerintah nonkementerian.

Hak angket diusulkan oleh paling sedikit 25 orang anggota DPR dan lebih dari satu fraksi. Pengusulan hak angket disertai dengan dokumen yang memuat paling sedikit.materi kebijakan dan/atau pelaksanaan undang-undang yang akan diselidiki; dan alasan penyelidikan.

Team Redaksi

20240130 191431 0000

Indonesia Jurnalis.com website Portal Berita Online Nasional Independen Terpercaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *