ORMAS  

Ini Pernyataan Sikap Aksi Damai DPC Pemuda Batak Bersatu

IMG 20220705 WA0000 1
SIMALUNGUN – Ini Pernyataan Sikap Aksi Damai DPC Pemuda Batak Bersatu Kabupaten Simalungun Untuk PTPN IV Kebun Bah Botong

 

Dalam  aksi damai pernyataan sikap DPC Pemuda Batak Bersatu (PBB) Kabupaten Simalungun di gelar  untuk PTPN IV Kebun Bah Butong TOLAK TANAMAN TEH KE TANAMAN KELAPA SAWIT, Senin (04/07/2022) di Nagori Bah Butong Satu, Kecamatan Sidamanik, Provinsi Sumatera Utara.

” Ketua DPC PBB Kabupaten Simalungun Sangap Sijabat bersama unsur pengurus DPC Kabupaten Simalungun, unsur pengurus Kecamatan menggelar aksi damai di depan gerbang pintu masuk kantor kebun Bah Butong dengan jumlah seratusan masa dari Pemuda Batak Bersatu dengan membentangkan spanduk Pemuda Batak Bersatu Menolak Keras Penanaman Kelapa Sawit yang dilakukan PTPN IV Bah Butong -Sidamanik.

Ini Pernyataan Sikap Aksi Damai DPC Pemuda Batak Bersatu
Ini Pernyataan Sikap Aksi Damai DPC Pemuda Batak Bersatu

” Koordinator aksi Pemuda Batak Bersatu Gullit Saragih menegaskan jangan ada yang anarkis kita satu komando melakukan aksi damai.

Ini Pernyataan Sikap Aksi Damai DPC Pemuda Batak Bersatu

” DPC PBB Simalungun menyampaikan Pernyataan Sikap Diantaranya :

Kabupaten Simalungun lagi lagi akan mengalami bencana besar dan akan menciptakan dampak kehancuran di karenakan kebijakan pihak management PTPN IV Bah Botong secara luas di wilayah Kecamatan Sidamanik yang pada hal ini Akan melalukan penanaman sawit dilahan seluas 257 Ha, dan yang juga Menurut Pihak PTPN IV, Lahan tersebut telah digarap oleh Beberapa Oknum.

 

Atas tindakan yang Di lakukan oleh pihak PTPN IV yang akan melakukan penanaman sawit sudah beberapa kali aksi turun kejalan untuk melakukan penolakan penanaman sawit yang di lakukan oleh masyarakat Simalungun secara khusus masyarakat Sidamanik, dalam hal penolakan ini sampai saat ini belum ada tindakan nyata yang dilakukan oleh pihak PTPN IV Bah Botong atas penolakan masyarakat.

 

Untuk menindaklanjuti dan menyikapi tindakan PTPN IV dalam hal ini Pemuda Batak Bersatu Kabupaten Simalungun bersama masyarakat yang terdampak akan melakukan perlawanan kepada pihak PTPN IV dalam tindakan nyata turun kejalan melaksanakan aksi Damai dengan tuntutan ” Tolak Penanaman Sawit ” di lahan HGU PTPN IV Kec. Sidamanik.

 

Menurut penilaian Pemuda Batak Bersatu Kabupaten Simalungun ketika penanaman sawit terjadi lagi,maka akan mengalami kerugian dampak besar bagi masyarakat secara khusus dikarenakan akan dilanda banjir, longsor dan banyak hal lain lagi yang dialami oleh masyarakat Sidamanik.

 

Sesuai dengan surat edaran yang merupakan statement pihak PTPN IV menyikapi aksi yang telah berlansung sebelumnnya menurut Pemuda Batak Bersatu Kabupaten Simalungun di 6 poin tersebut merupakan pembodohan publik yang bukan merupakan solusi akhir.

 

Maka dari itu Pemuda Batak Bersatu Kabupaten Simalungun menyatakan sikap untuk menolak sepenuhnya atas penanaman sawit dilahan HGU PTPN IV yang akan menjadi dampak besar untuk masyarakat Sidamanik secara khusus seperti :

(01) Ekonomi Social Budaya.
(02) Konflik Lahan
(03) Sumber Daya Agraria
(04) Pencemaran Lingkungan
(05) Pemanasan Global
(06)Kerentanan Pangan
(07) Pencemaran Air Tanah dan Udara.(Surya Damanik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.