Kapolres Simalungun Dampingi Kapolda Sumut Cek Kesiapan Jalan Tol Sinaksak

Kapolres Simalungun Dampingi Kapolda Sumut Cek Kesiapan Jalan Tol Sinaksak
Kapolres Simalungun Dampingi Kapolda Sumut Cek Kesiapan Jalan Tol Sinaksak
Kapolres Simalungun Dampingi Kapolda Sumut Cek Kesiapan Jalan Tol Sinaksak, “Kabupaten Simalungun dan Kota Siantar memastikan, selain akses jalan Tol, seluruh akses jalan nasional, provinsi agar dalam kondisi siap” Ucap Kapolda Sumut
SUMUT – Kab. Simalungun. ” Kapolres Simalungun AKBP Ronald F.C Sipayung, S.H., S.I.K., M.H., mendampingi kunjungan kerja Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, bersama sejumlah PJU Polda Sumut mengecek kesiapan Jalur Tol Sinaksak-Dolok Marawan, Kabupaten Simalungun, Senin (10/4/2023).

Pengecekan dalam rangka kesiapan Polres Simalungun dan pengelola Jalan Tol dalam menghadapi arus mudik lebaran 1444 Hijriah, “Hari ini saya mengunjungi dan meninjau Tol Sinaksak -Dolok Merawan untuk melihat kesiapan akses Tol ini sebagai fasilitas pendukung kelancaran Arus Mudik dan arus balik di lebaran 1444 H,” kata Panca.

Dia ingin Kabupaten Simalungun dan Kota Siantar memastikan, selain akses jalan Tol, seluruh akses jalan nasional, provinsi agar dalam kondisi siap menyukseskan arus mudik dan arus balik saat perayaan Idul Fitri 1444 H, “Tadi saya mendapat laporan semua dalam kondisi baik, dan akses tol sudah siap untuk digunakan dua jalur dan empat lajur dari Sinaksak – Dolok Merawan dan sebaliknya dari Dolok Merawan – Sinaksak,” sambung Panca.

BBPJN Sumut, PT HMW termasuk Pemkab Simalungun dan Kota Siantar hingga tanggal 15 April 2023 persiapan sudah selesai, seperti lampu jalan, rambu jalan darurat dan pos pengamanan di Tol Sinaksak-Dolok Merawan untuk memudahkan memantau kendaraan yang lewat, “Secara umum, saya melihat semua sudah siap dan kita siap untuk melaksanakan Operasi Ketupat yang akan kita mulai hari Senin (17/4) yang akan datang,” paparnya.

Kapolda menambakan, “Bahwa arus mudik lebaran tahun ini diprediksikan akan lebih tinggi dari tahun yang lalu. Hal ini perlu kita antisipasi, Lakukan pembatasan bagi kendaraan pengangkut non sembako pada H-7, lakukan koordinasi dan kesepakatan kepada pengusaha,” kata Irjen Panca.

Kapolres Simalungun Dampingi Kapolda Sumut Cek Kesiapan Jalan Tol Sinaksak
Kapolres Simalungun Dampingi Kapolda Sumut Cek Kesiapan Jalan Tol Sinaksak

Kapoldasu mengungkapkan apabila terjadi kemacetan yang panjang menuju arah Siantar segera dibuka pintul Tol Sinaksak. Diminta pengelola Jalan Tol untuk merapikan jalan yang masih tanah sehingga nantinya dapat dilewati mobil-mobil kecil.

“Saya juga minta agar jalan nasional maupun jalan provinsi diperbaiki semua, sehingga tidak ada kemacetan yang ditimbulkan oleh rusaknya jalan,” ungkapnya agar pada pintu Tol Dolok Merawan nantinya dilakukan rekayasa lalu lintas.

Diharapkan dua ruas Tol Sinaksak-Dolok Merawan dapat segera digunakan secara fungsional sebagai jalur alternatif guna mengurangi kemacetan pada saat arus mudik dan arus balik pada pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri 1444 H,” ucap Kapoldasu.

Selain meninjau akses Tol Sinaksak-Dolok Merawan, ia juga melakukan komunikasi dengan Wakil Bupati Simalungun, Zonny Waldi dan Wali Kota Siantar, Susanty Dewayani tentang ketersediaan bahan pokok.

“Jangan ada yang mengambil keuntungan dan menimbun bahan pokok masyarakat dalam rangka menghadapi Idul Fitri 1444H. Satgas pangan akan turun mengingatkan pihak-pihak atau orang-orang yang mengambil keuntungan dibalik kondisi ini, termasuk ketersediaan BBM yang akan dimanfaatkan masyarakat,” ucapnya Kapolda.

” Sementara itu Kapolres Simalungun melaporkan kepada Kapolda bahwa pihaknya akan mendirikan pos pelayanan, pengamanan dan terpadu dalam rangka Idul Fitri 1444 H/2023 M sebanyak 15 titik di wilayah Simalungun termasuk di lajur Tol Sinaksak.

Kapolres Simalungun Dampingi Kapolda Sumut Cek Kesiapan Jalan Tol Sinaksak
Kapolres Simalungun Dampingi Kapolda Sumut Cek Kesiapan Jalan Tol Sinaksak

Terkait dengan kondisi jalan, Kapolres mengatakan bahwa kondisi jalan provinsi di wilayah Simalungun secara umum sudah dalam kondisi baik, namun masih ada di beberapa titik tertentu membutuhkan penanganan segera untuk kelancaran akses saat.

“Seperti di beberapa titik yang berada di badan Jln Asahan, jalan di Kota Perdagangan termasuk Jembatan Perdagangan. Selain itu, juga dibutuhkan perawatan jalan provinsi di luar target kegiatan perbaikan jalan tahun ini,” ujar AKBP Ronald.

” Sementara itu pihak pengelola Jalan Tol siap mendukung Operasi Ketupat Toba-2023 dan menyebutkan sesuai dengan instruksi direksi akan menambah jalur pintu keluar pada jalan tol serta membuka loket top up sehingga masyarakat yang kehabisan saldo bisa melakukan top up di rest area.

(Joe/Surya Damanik)

Team Redaksi

20240130 191431 0000

Indonesia Jurnalis.com website Portal Berita Online Nasional Independen Terpercaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *