kegiatan Pertemuan Nasional dilaksanakan oleh Asosiasi Dinas Kesehatan

kegiatan Pertemuan Nasional dilaksanakan oleh Asosiasi Dinas Kesehatan
kegiatan Pertemuan Nasional dilaksanakan oleh Asosiasi Dinas Kesehatan
kegiatan Pertemuan Nasional dilaksanakan oleh Asosiasi Dinas Kesehatan Seluruh Indonesia (ADINKES)

 

TANGERANG – Asosiasi Dinas Kesehatan Seluruh Indonesia (Adinkes) menggelar pertemuan Nasional dengan tema peran desa dalam penanggulangan AIDS-Tuberkulosis-Malaria (ATM) yang berlangsung selama 3 hari mulai tanggal 31 Oktober 2022 sampai 2 November 2022 yang di laksanakan di hotel Horison Grand Serpong. Senin, (31/10/22).

 

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Dr. Yusharto Huntoyungo, M.Pd Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa, Kemendagri, Sugito, S.Sos, MH., Direktur Jenderal Pembangunan Desa dan Perdesaan, Kemendesa PDTT.

 

Dan Setiap tahunnya ada 800 sampai 1 jt insidens kasus TBC baru di Indonesia, dan hanya sekitar 300 sampai 400 ribu jiwa manusia yang ditemukan, sedangkan 400 sampai 500 ribu jiwa manusia tidak diketahui dan ini berpotensi menularkan TBC.

 

Agar dapat mengupayakan perspektif daerah Dinas Kesehatan dan Fasilitas Pelayanan Kesehatan terutama Puskesmas sebagai garda depan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, agar bisa tercermin dan terakomodasi dalam kebijakan kesehatan kedepan. Sebagai mitra pemerintah, Adinkes melakukan upaya advokasi, sosialisasi dan fasilitasi bagi terciptanya kebijakan yang berwawasan kesehatan.

 

Sementara itu, Dr. Yusharto Huntoyungo Dirjen Bina Pemerintahan Desa, Kemendagri. dalam kegiatan ini membahas tentang Penguatan Perencanaan ATM sesuai Permendagri 84 tahun 2022 dan peran aparat desa.

Dalam hal Tuberkulosis (TBC), 20-30% kasus TBC di Indonesia itu berhubungan dengan perilaku merokok. Sehingga penting implementasikan Kawasasan Tanpa Rokok (KTR) diberlakukan untuk menurunkan konsumsi merokok serta mencegah asap rokok terhirup oleh non-perokok.

Team Redaksi

IMG 20240612 150626

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

" Anda tidak dapat menyalin konten halaman ini "