Kementerian Agama Menyelenggarakan Peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW 1443 Hijriah

Polish 20220301 125737635
Jakarta – Kementerian Agama (Kemenag) menyelenggarakan peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW tingkat kenegaraan tahun 1443 Hijriah/2022 di Auditorium H.M Rasjidi Kementerian Agama, Senin (28/2/2022) malam.

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas dalam sambutannya mengajak bangsa Indonesia untuk selalu rukun dan menjaga keharmonisan dalam keberagaman. “Makna Isra Miraj bagaimana kita semua harus mengambil inspirasi sebagai bangsa besar agar tetap selalu rukun dan menjaga keharmonisan dalam keberagaman,” kata Menteri Agama Yaqut Cholil.

Menurutnya, Indonesia dikaruniai tidak hanya kekayaan alam tetapi juga kekayaan budi pekerti sehingga menjadikan bangsa Indonesia sebagai salah satu magnet dunia dalam mengelola secara baik posisi negara dan agama.

Kementerian Agama Menyelenggarakan Peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW Tahun 1443 Hijriah/2022

IMG 20220301 WA0008

Selain itu, Ia mengapresiasi nilai-nilai persaudaraan kebangsaan yang sampai kini terjaga dengan baik di Indonesia.

“Dari Sabang sampai Merauke, kita dapat menyaksikan nilai-nilai persaudaraan kebangsaan yang sampai kini terjaga dengan baik,” ulasnya.

Menurutnya, jika kita baca kembali sejarah Islam di bumi Nusantara yang telah tergambar jelas bagaimana Islam, bagaimana agama dan negara menjalin hubungan yang sangat erat. “Islam dengan berbagai ajarannya telah melebur dalam berbagai aspek kebudayaan dan nilai-nilai kehidupan masyarakat. Sangat mengagumkan kita semua dapat menyaksikan cara berislam yang begitu indah bersanding dengan budaya bangsa,” paparnya.

Menteri Agama menyoroti seputar hasil perjalanan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW berupa salat, memiliki kandungan makna bahwa nilai-nilai Ketuhanan harus diseimbangkan dengan nilai-nilai kemanusiaan.

“Keduanya menyatu dan terekam dengan baik dalam sikap dan perilaku masyarakat Indonesia sehingga menjadi perekat bangsa di tengah kompleksitas perbedaan yang tidak semua bangsa mampu melewatinya dengan baik,” terangnya.

Peringatan Isra Miraj ini diawali dengan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan pembacaan Ayat Kitab Suci Al-Qur’an Surat An-Najm 1-18 dan Al Hujurat ayat 13 yang disampaikan Qari Muhammad Mas’ud S.Pd.I, M.Pd (Terbaik 1 STQHN 2021 Cabang Tilawah Golongan Dewasa di maluku Utara), serta Saritilawah oleh Laili Fithriyah (RRI jakarta).

Uraian Hikmah Isra Mi’raj disampaikan oleh Dr. Arrazy Hasyim, M.A. Hum yang merupakan Pengasuh Ribath Nouraniyyah Hasyimiyyah, Ciputat, Tangerang. Uraian hikmah Isra Mi’raj ini mengambil tema Teguhkan Semangat Beragama dan Berbangsa.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *