Polisi Membubarkan Demonstrasi Mahasiswa Pro-Palestina di Berlin

Polisi Membubarkan Demonstrasi Mahasiswa Pro-Palestina di Berlin
Polisi Membubarkan Demonstrasi Mahasiswa Pro-Palestina di Berlin (photo istimewa)
Polisi Membubarkan Demonstrasi Mahasiswa Pro-Palestina di Berlin. Para demonstran mendirikan sekitar 20 tenda dan membentuk rantai manusia di sekitarnya.

Jakarta, Indonesia jurnalis.com – Polisi Jerman membubarkan protes ratusan aktivis pro-Palestina yang menduduki halaman tengah Universitas Free di Berlin pada Selasa pagi (7/5). Tindakan ini merupakan upaya tegas terbaru dari pihak berwenang saat protes yang mengguncang kampus-kampus di Amerika Serikat mulai menyebar ke Eropa.

Para demonstran mendirikan sekitar 20 tenda dan membentuk rantai manusia di sekitarnya. Sebagian besar dari mereka menutup wajah dengan masker medis, mengenakan ikat kepala kafiyeh,

Mahasiswa meneriakkan slogan-slogan seperti “Viva, Viva Palestina.”

Pada hari yang sama, polisi Belanda menahan sekitar 125 aktivis saat membubarkan aksi serupa di Universitas Amsterdam.

Di Berlin, polisi menggunakan pengeras suara untuk memerintahkan para mahasiswa meninggalkan kampus. Beberapa konfrontasi terjadi saat polisi membawa pergi para mahasiswa.

Seorang perempuan ditangkap polisi selama aksi unjuk rasa yang digelar kelompok “Student Coalition Berlin” di halaman teater Universitas Free di Berlin, Jerman, Selasa, 7 Mei 2024 (AP/Markus Schreiber).

Polisi juga menggunakan semprotan merica terhadap sejumlah demonstran. Pihak kampus dalam pernyataannya menyebutkan bahwa para demonstran menolak dialog dalam bentuk apapun, sehingga mereka meminta bantuan polisi.

“Protes ini tidak diarahkan untuk berdialog. Pendudukan tidak dapat diterima di kampus FU Berlin,” kata rektor universitas, Guenter Ziegler.

“Kami bersedia melakukan dialog akademis, tetapi tidak dengan cara seperti ini,” tambah pernyataan tersebut. FU merupakan singkatan dari Free University.**

(Voi/Editor NK)

Team Redaksi

20240130 191431 0000

Indonesia Jurnalis.com website Portal Berita Online Nasional Independen Terpercaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *