Rapat Koordinasi Nasional Bank Sampah ke 8

Rapat Koordinasi Nasional Bank Sampah ke 8
Rapat Koordinasi Nasional Bank Sampah ke 8
Rapat Koordinasi Nasional Bank Sampah ke 8,  Dorong Partisipasi Masyarakat untuk Pengelolaan Sampah

Jakarta, Indonesia jurnalis.com – Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bank Sampah ke-8 diadakan dengan tujuan mencari cara untuk mengelola sampah melalui partisipasi aktif masyarakat sebagai nasabah bank sampah. Bank sampah merupakan konsep pengumpulan dan pemilahan sampah kering yang beroperasi seperti bank konvensional, di mana masyarakat dapat menabung sampah dan mendapatkan uang sebagai imbalannya.

Direktur Pengurangan Sampah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Vinda Damayanti Ansjar, menekankan pentingnya meningkatkan partisipasi masyarakat sebagai nasabah bank sampah untuk mendukung upaya pengurangan sampah di Indonesia.

“Partisipasi masyarakat sebagai nasabah bank sampah masih rendah, dengan rata-rata nasional hanya 3,24 per 1.000 penduduk. Bali-Nusa Tenggara menjadi wilayah dengan partisipasi tertinggi, yaitu 9,34 per 1.000 penduduk,” ujar Vinda dalam diskusi pada Rapat Koordinasi Nasional Bank Sampah 2024 di Jakarta, Rabu (3/7) Kementerian Lingkungan hidup Manggala Wana bakti Jakarta Barat.

Vinda menyatakan bahwa dengan rasio partisipasi saat ini, target pengurangan sampah yang ditetapkan dalam Kebijakan dan Strategi Nasional Pengelolaan Sampah (Jakstrada) sulit tercapai tanpa kerja keras dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan bank sampah.

Team Redaksi

Indonesia jurnalis.com 20240701 090538

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

" Anda tidak dapat menyalin konten halaman ini "