Dialog Interaktif  Universitas Yarsi , Minangkabau Menuju Kepunahan

Dialog Interaktif  Universitas Yarsi , Minangkabau Menuju Kepunahan
Dialog Interaktif  Universitas Yarsi , Minangkabau Menuju Kepunahan
Dialog Interaktif  Universitas Yarsi , Minangkabau Menuju Kepunahan, saya bersyukur bahwa lembaga ini kembali memberikan kesempatan kepada keluarga Minang untuk berkumpul dan membahas kondisi keseharian kita baik di ranah maupun di rantau, kata Prof. dr. H. Fasli Jalal Rekor Universitas Yarsi Jakarta.

Jakarta, Indonesia jurnalis.com – Universitas Yarsi Jakarta menjadi tuan rumah Dialog Interaktif bertema “Minangkabau Menuju Kepunahan” yang diselenggarakan oleh Lembaga Adat Kebudayaan Minangkabau (LAKM) yang berlangsung pada Sabtu pagi, (8/6/2024).

Dialog interaktif yang di selenggarakan LAKM fokus membahas kondisi adat Minangkabau dalam keseharian baik di ranah maupun di rantau dan kekhawatiran terhadap hilangnya peranan adat Minangkabau di tengah arus globalisasi Modernisasi.

Dialog ini dihadiri oleh berbagai tokoh penting, di antaranya Rektor Universitas Yarsi dan pendiri LAKM, Prof. dr. H. Fasli Jalal, Ph.D., Ketua Umum LAKM Azmi dt Bagindo, dan Ketua Bidang Adat, IRS. Dt. Gampo Sinaro. Turut hadir juga Bundo Dr. Nurdiakti Akma, niniak mamak, cadiak pandai, serta beberapa organisasi masyarakat (ormas) Minang seperti Da’i Rantau Minang (Daram), Badan Persiapan Provinsi Daerah Istimewa Minangkabau (BP2DIM), dan Ikatan Keluarga Minang.

Tema dialog kali ini, “Minangkabau Menuju Kepunahan dan Lenyapnya Peranan Adat Minangkabau di Nagari”, menyoroti kekhawatiran terhadap hilangnya peranan adat Minangkabau di tengah arus globalisasi. Ungkapan “Pulangkan sirieh ke gagang nyo! Suruikan pinang ke tampuannya,” yang berarti “Kembalikan fungsi adat dan peranan niniak mamak di negeri-negeri di Sumatra Barat,” menjadi pengingat akan pentingnya menjaga adat budaya walau jauh di rantau.

Acara ini juga mendapatkan dukungan dari beberapa UMKM, seperti Toko Buku Magek Bapayuang dan Pratama Umroh Haramain, serta menerima wakaf Al-Quran dari pengurus DPP Daram.

Dialog Interaktif  Universitas Yarsi , Minangkabau Menuju Kepunahan
Rektor Universitas Yarsi dan pendiri LAKM, Prof. dr. H. Fasli Jalal, Ph.D

Team Redaksi

IMG 20240612 150626

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

" Anda tidak dapat menyalin konten halaman ini "